SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BAPPELITBANG TANGGAMUS

Selasa, 26 Oktober 2021

Berita Utama

Bappelitbang Kabupaten Tanggamus Adakan Rapat Sosialisasi Web GIS Sistem Informasi Geospasial Daerah Kabupaten Tanggamus

Jumat, 25 Oktober 2019

Kota Agung Timur – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Tanggamus melaksanakan Rapat Sosialisasi Web GIS Sistem Informasi Geospasial Daerah Kabupaten Tanggamus, Jum’at (25/10/2019). Sosialisasi tersebut dilaksanakan di ruang rapat Bappelitbang Kabupaten Tanggamus.

Sistem Informasi Geografis Pemerintah Kabupaten Tanggamus adalah suatu sistem informasi yang menyajikan peta digital berbasis Web GIS untuk memudahkan pencarian data dan informasi tentang peta wilayah administrasi, jaringan jalan, fasilitas transportasi, daerah rawan bencana dan sarana prasarana lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Tanggamus yang dibuat dengan nama SIGER TANGGAMUS (Sistem Informasi Geografis Tanggamus).

Penyusunan Web GIS Sistem Informasi Geospasial Daerah Kabupaten Tanggamus dilaksanakan untuk pemenuhan keterbukaan informasi sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pasal 2 ayat (3) berbunyi “Setiap Informasi Publik harus dapat diperoleh dan setiap pemohon informasi publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana”. Selain itu, kebutuhan informasi geospasial diharapkan dapat menjadi referensi dalam penyusunan dokumen perencanaan sehingga pembangunan daerah lebih berkualitas dan tepat sasaran, hal ini selaras dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial. Dengan memberikan pelayanan akses yang mudah, kelengkapan data dan pengelolaan yang lebih profesional merupakan kunci keberhasilan dalam pembangunan Web GIS Kabupaten Tanggamus.


“Kegiatan sosialisasi Web GIS Sistem Informasi Geospasial Daerah Kabupaten Tanggamus ini merupakan pembangunan data berbasis spasial yang merupakan inti dari seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan informasi spasial untuk pembangunan daerah. Untuk memberikan kemudahan dalam keselarasan berbagi pakai informasi geospasial sesuai amanat yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional, dan perencanaan persiapan penyelenggaraan simpul jaringan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus perlu mengoptimalkan jaringan informasi geospasial dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di bidang informasi geospasial, baik pusat maupun daerah”, kata Kabid Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan mewakili Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus dalam pembukaan acara tersebut.

“Pengelolaan data spasial untuk konektivitas JIGD berbasis Web GIS untuk mendukung Kebijakan Satu Peta dan dalam perjalanan penyusunan rencana pengembangan Web GIS Kabupaten Tanggamus, simpul jaringan provinsi telah melakukan pembangunan dan pengembangan simpul jaringan provinsi yang terintegrasi dengan ina-geoportal. Dalam proses pembangunan dan pengembangan simpul jaringan daerah tersebut turut melibatkan Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) selaku perpanjangan tangan Badan Informasi Geospasial (BIG)”, tambah Kasubbag Data dan Geospasial Bappelitbang Kabupaten Tanggamus.

Penggunaan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) dan selanjutnya dihubungkan dengan Web GIS Kabupaten Tanggamus sangat bermanfaat terutama dalam menyimpan, mengolah, mengamankan dan mempublikasikan Informasi Geospasial yang menjadi wewenang dan menunjang kebutuhan data perencanaan pembangunan daerah agar pembangunan lebih terarah dan tepat sasaran.

“Diharapkan adanya partisipasi dari OPD di Kabupaten Tanggamus dalam pengisian data berupa peta dalam portal SIGER TANGGAMUS yang dikoordinasikan melalui Bappelitbang Kabupaten Tanggamus untuk di upload dalam Web GIS Kabupaten Tanggamus tersebut” tambah Kabid Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan mewakili Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan sosialisasi Web GIS Sistem Informasi Geospasial Daerah Kabupaten Tanggamus dihadiri oleh pejabat di lingkungan Bappelitbang Kabupaten Tanggamus, Inspektur atau yang mewakili dan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus. 

No Results
Menteri BUMN Tutup Apkasi Otonomi Expo 2021, Tanggamus Raih Dua Prestasi
22 Oktober 2021
Bupati Dewi Handajani Hadir Secara Langsung Pada Pembukaan AOE di Istana Bogor
21 Oktober 2021
Apkasi Otonomi Expo 2021, Mendagri Tito Kunjungi Stan Kabupaten Tanggamus
20 Oktober 2021
Pemprov Lampung Melalui Balitbangda, Evaluasi Capaian Indeks Inovasi Daerah
15 Oktober 2021
Pemkab Tanggamus Melalui Bappelitabang Lakukan Kunjungan Ke Balitbang Kemendagri
14 Oktober 2021