SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BAPPELITBANG TANGGAMUS

Jumat, 07 Mei 2021

Berita Kerjasama

Bupati Tanggamus Tandatangani MoU Pengembangan Kawasan Holtikultura Berdaya Saing di Kementerian Pertanian

Kamis, 23 Januari 2020

Jakarta - Bupati Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani yang didampingi oleh Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega dan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Catur Agus Dewanto melaksanakan kunjungan kerja ke Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Kamis (23/01/2020).

Dalam kunjungan tersebut diterima langsung oleh Bapak Dirjen Prasarana dan Sarana pertanian (PSP) Dr. Sarwo Edhy, S.P., M.M. Dalam kesempatan ini Bupati Bunda Dewi menyampaikan Proposal Pembangunan sarana dan Prasarana Pendukung Pertanian yang terdiri dari Pembangunan dan Rehabilitasi Jaringan irigasi tersier, Fasilitas pembiayaan, Penyediaan pupuk dan alat-alat mesin pertanian (Alsintan).

” Pembangunan jalan Pertanian atau jalan produksi yang merupakan prioritas pembangunan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus dalam rangka mengurangi biaya satuan pertanian sehingga ongkos produksi dapat dipangkas,” ujar Bunda Dewi sapaan akrab Bupati.

Dalam kunjungan ini juga ibu Bupati berdiskusi dengan Pak Dirjen tentang Komando Strategis Pembangunan Pertanian atau Konstra Tani yang merupakan pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas fungsi dan peran Balai Penyuluh Pertanian atau BPP dalam mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional, yang berperan sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jaringan kemitraan

Dirjen PSP berpesan agar Pembangunan pertanian harus bisa membuat petani maju mandiri dan modern semua itu akan dibangun melalui Konstra Tani yang berperan di setiap Kecamatan di Kabupaten Tanggamus, yang akan menjadikan para penyuluh Pertanian ada di Kabupaten Tanggamus menjadi penyuluh Milenial yang melek akan Informasi Teknologi (IT),” ujar Dirjen Sarwo Edhy.

Pada hari yang sama Bunda Dewi dan rombongan melaksanakan Kunker ke Direktorat Jenderal Hortikultura dan diterima dengan baik oleh Bapak Dirjen Holtikultura Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc.

Dalam Pertemuan tersebut ditandatanganinya MOU tentang program ” Pengembangan Kawasan Holtikultura Berdaya Saing”
Yang bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan pengembangan kawasan hortikultura
  2. Meningkatkan produksi dan mutu produk hortikultura
  3. Meningkatkan pendapatan masyarakat di wilayah Kabupaten Tanggamus.

Dengan adanya MOU ini menunjukkan dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Tanggamus kepada para petani khususnya kelompok tani hortikultura sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Tanggamus.

Dalam kunjungan ini juga ibu Bupati menyampaikan program tentang “Kartu Petani Berjaya” yang dapat difungsikan sebagai lokasi penyediaan pupuk, Asuransi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Beasiswa bagi anak petani.

Dengan kartu ini pula petani dapat menggunakan kredit di lembaga perbankan yang telah ditunjuk pemerintah diantaranya melalui BRI Mandiri dan BNI yang merupakan program prioritas Kementerian Pertanian saat ini. program ini merupakan program bantuan pinjaman yang bunganya sebagian di subsidi oleh Pemerintah, dan bila petani meminjam dibawah 50 juta tidak diminta anggunan atau jaminan.
No Results
Untuk Keenam Kalinya Pemkab Tanggamus Meraih Opini WTP dari BPK-RI
03 Mei 2021
Pemkab Tanggamus Akselerasi STBM Pencapaian Target ODF Tahun 2021dan Upaya Pencegahan Stunting
22 April 2021
Bupati Tanggamus Launching Laboratorium Mobile RT-PCR
22 April 2021
BUPATI TANGGAMUS DEWI HANDAJANI HADIRI AUDIENSI GUBERNUR DAN PERTAMINA
21 April 2021
Bappelitbang Kabupaten Tanggamus Rapat Awal Penyusunan Master Plan Drainase Kabupaten Tanggamus Tahun 2021
21 April 2021