SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BAPPELITBANG TANGGAMUS

Selasa, 26 Oktober 2021

Berita Utama

Lomba Karya Tulis Ilmiah Dan Inovasi Teknologi Tepat Guna, Bappelitbang Tanggamus

Kamis, 14 November 2019

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Tanggamus menggelar lomba Karya Tulis Ilmiah dan Inovasi Teknologi Tepat Guna Tahun 2019, di Gedung Serba Guna (GSG) Pekon Gisting Atas Kecamatan Gisting Kabupaten Gisting Kabupaten Tanggamus.

Pembukaan perlombaan yang dihadiri oleh Kepala Bapelitbang Provinsi Lampung, Dwi Retno dan diikuti oleh finalis dari 3 tim perorangan dari kategori umum dan 3 tim perorangan dari kategori pelajar itu, mengusung tema "Mari Kita Ciptakan Inovasi melalui Tanggamus Yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera "

Dalam laporan Kepala Bappelitbang Tanggamus yang disampaikan oleh Kepala Bidang Litbang, Haizar mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah undang-undang nomor 18 tahun 2018 tentang sistem Penelitian Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nasional.

"Selain itu, Peraturan Pemerintah nomor 20 tahun 2005 tentang alih teknologi kekayaan Selain penelitian dan pengembangan oleh perguruan tinggi dan lembaga penelitian dan pengembangan," kata Haizar mewakili Kepala Bapelitbang Tanggamus, Hendra Wijaya Mega, Kamis (14/11/2019).

Haijar mengungkapkan, maksud dan tujuan penyelenggaraan lomba karya tulis ilmiah dan inovasi teknologi tepat guna sebagai langkah strategis dalam penyebarluasan informasi berbagai teknologi kepada masyarakat, sebagai wadah untuk pengembangan kerangka kerja pemerintah guna penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna di masa mendatang.

"Sementara hasil yang ingin dicapai pada penyelenggaraan kegiatan lomba ini adalah termotivasi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi tepat guna, terinformasikannya jenis-jenis teknologi tepat guna hasil masyarakat kepada pemerintah, dan mendorong koordinasi mendorong para pemangku kepentingan terkait, antara pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, lembaga penelitian dan masyarakat dalam pengembangan dan pendayagunaan teknologi tepat guna, "ungkapnya.

Sementara menyambut Bupati Tanggamus yang disampaikan oleh Pakar Bidang Ekonomi dan Pemerintahan, Muhaimin Sastra yang disampaikan, menyambut baik berbagai kegiatan tersebut, dengan harapan dapat menumbuh kembangkan ide-ide teknologi tepat guna yang tersedia di masyarakat. Menjaring hasil teknologi tepat guna yang dapat memadu percepatan pengembangan usaha ekonomi di masyarakat. Baca lebih lanjut tentang semangat bagi para penemu inovator di bidang teknologi tepat guna, baik itu dari masyarakat, pelajar, mahasiswa, akademisi, guru, lembaga pemerintah maupun swasta.

"Kegiatan ini juga merupakan program pendukung dari program 55 Aksi Asik Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus yang membahas tentang pembinaan dan pengembangan kreativitas generasi muda, seperti halnya guna meningkatkan kesejahteraan pangan, energi, industri kreatif, kesehatan, penanggulangan bencana serta di bidang Maritim," katanya.

Sementara itu, Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega saat ini diwawancarai seusai perlombaan berlangsung mengatakan bahwa para pemenang dalam lomba karya ilmiah mengembangkan teknologi guna Tahun 2019 akan diikut sertakan dalam lomba yang sama di provinsi pada bulan Februari 2020 mendatang.

"Kita telah mendapatkan 6 orang juara dari dua kategori peserta, juara Satu, Dua dan Tiga kategori umum dan juara Satu, Dua dan Tiga kategori pelajar, dan ke Enam orang juara ini akan kita kirim mewakili Kabupaten Tanggamus diajang yang lebih tinggi berdasarkan tingkat Provinsi pada tahun depan, "ungkap Kaban.

Hendra Wijaya Mega menerima, para juara akan terus dibina dan terus dibor agar dapat mencapai jenjang yang lebih tinggi lagi setelah Tingkat Provinsi dan dapat terus ke tingkat Nasional.

"Kedepan, Bappelitbang akan melibatkan anak-anak dari tingkat SMP yang telah kita mulai latih dan bina sedini mungkin terkait pengembangan teknologi, dan telah membuka pendaftaran untuk tahun 2020. Dengan demikian, harapannya, inovasi itu terus berkembang dan dinamis. Dan para pemenang tidak cepat puas diri dengan puas saat ini, "pungkasnya. 

No Results
Menteri BUMN Tutup Apkasi Otonomi Expo 2021, Tanggamus Raih Dua Prestasi
22 Oktober 2021
Bupati Dewi Handajani Hadir Secara Langsung Pada Pembukaan AOE di Istana Bogor
21 Oktober 2021
Apkasi Otonomi Expo 2021, Mendagri Tito Kunjungi Stan Kabupaten Tanggamus
20 Oktober 2021
Pemprov Lampung Melalui Balitbangda, Evaluasi Capaian Indeks Inovasi Daerah
15 Oktober 2021
Pemkab Tanggamus Melalui Bappelitabang Lakukan Kunjungan Ke Balitbang Kemendagri
14 Oktober 2021