SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BAPPELITBANG TANGGAMUS

Rabu, 08 Desember 2021

Berita Utama

Pemprov Lampung Melalui Balitbangda, Evaluasi Capaian Indeks Inovasi Daerah

Jumat, 15 Oktober 2021

Bandar Lampung  – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Balitbangda melaksanakan Rapat Evaluasi Capaian Index Inovasi Daerah (IID) sekaligus Penyampaian Success Story Kabupaten Lampung Barat dan Tanggamus dalam Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021, bertempat di Aula Balitbangda Provinsi Lampung, yang dihadiri oleh Balitbangda / Bappeda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Jumat (15/10/2021).

Hadir dalam acara Para Kepala Balitbanda/Bappeda Kabupaten/Kota, diantaranya Kepala Balitbang Lampung Barat, Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus, Kepala Bappeda Lampung Utara, Kepala Bappeda Pesawaran dan Pejabat Eselon 3 Kabupaten/Kota lainnya.

Kepala Badan Litbang Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis, menyampaikan, pada pelaporan IID Tahun 2021, Pemerintah Provinsi Lampung berada di ranking 21 Nasional ( ranking 6 kategori Provinsi ) dengan Skor Indeks Inovasi 81,26 ( *perhitungan sementara), sebelum masuk ke Tahap Verifikasi dan Hasil akhir. Beliau juga mengucapkan Selamat kepada Kabupaten Lampung Barat dan Tanggamus yang masuk ranking 10 Besar Nasional pada rangkaian IGA Tahun 2021, mudah-mudahan terus berada pada posisi 10 besar hingga hasil akhir nantinya. Begitupun untuk Kabupaten/Kota lainnya, agar tahun mendatang mendapatkan hasil yang maksimal, ujarnya’.

Dalam akhir sambutannya, Hamartoni Ahadis, menyampaikan Kegiatan Evaluasi Capaian Indeks Inovasi Daerah Tahun 2021 yang dilaksanakan pada hari ini, selain membingkai pola pikir pemerintah daerah untuk mengidentifikasi kebijakan yang menjadi sebuah inovasi daerah, juga bertujuan agar perangkat daerah yang memahami secara jelas teknis pelaporan membidangi Indeks Inovasi Daerah.

Dalam penyampaian Success story nya, Kepala Balitbang Kabupaten Lampung Barat, Paijo, menyampaikan tahun ini adalah Tahun ke-3 Kabupaten Lampung Barat mengikuti IID/IGA, dimana pada Tahun 2019, dengan jumlah Inovasi sebanyak 61 menduduki peringkat 15 Nasional, Tahun 2020 dengan jumlah Inovasi sebanyak 156 meduduki peringkat 6 Nasional dan Alhamdulillah pada Tahun 2021 ini, dengan 271 Inovasi menduduki peringkat 2 Nasional dengan Skor Indeks Inovasi 92.07. Beliau juga memamparkan beberapa strategi Kab.Lampung Barat dalam IGA 2021.

Diantaranya : Komitmen Kepala Daerah unutk memajukan Inovasi ; Komitmen Kepala OPD untuk melaksanakan Pamong Membangun Inovasi Daerah ; Soliditas Teamwork Balitbang.

Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus, Hendra Wijaya Mega, menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan IGA Tahun 2021, Jumlah Inovasi Daerah yang terkirim sebanyak 350 Inovasi, Total Nilai Kematangan 44.707, dengan rata-rata Nilai Kematangan 128. Berdasarkan perhitungan sementara, Kabupaten Tanggamus berada di ranking 6 Nasional  ( ranking 5 Nasional kategori Kabupaten ), dengan Skor Indeks Inovasi 90.69. Beliau juga memaparkan langkah-langkah strategi dalam pelaksaan IGA Tahun 2021.

Diantaranya : Komitmen Kepala Daerah Kabupaten Tanggamus yang terus mendorong Peningkatan Kinerja Pemerintah Daerah untuk melakukan kreatifitas dan Inovasi; Terbitnya Peraturan Bupati Kabupaten Tanggamus Nomor 44 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Inovasi Daerah; Melakukan kordinasi dan konsultasi dengan Tim IGA Kemendagri mapun Balitbangda Provinsi serta Melakukan coaching Inovasi ke semua OPD, ujar Hendra.

Diakhir acara,Kepala Bidang Balitbangda Provinsi, Winaryanti  selaku Moderator mengajak kepada seluruh Balitbangda / Bappeda se-Provinsi Lampung untuk bersama-sama membangun Komitmen dalam inovasi di daerah, mudah-mudahan dalam IGA tahun kedepan, Provinsi Lampung dan seluruh Kab/Kota mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam kesempatan ini pula, kedepan akan dilaksanakan Rapat Koordinasi Rutin Balitbangda/Bappeda se-Provinsi Lampung minimal 3 bulan sekali secara bergantian di masing-masing Kab/Kota, kata Winaryanti. 

No Results
BUPATI TANGGAMUS DEWI HANDAJANI SERAHKAN BANTUAN UNTUK ANAK DISABILITAS DAN LANSIA TERLANTAR
08 Desember 2021
BUPATI DAN WAKIL BUPATI TANGGAMUS TINJAU SEJUMLAH INFRASTRUKTUR PEMBANGUNAN TRANSPORTASI, PENGAIRAN DAN PENDIDIKAN DI GISTING
06 Desember 2021
Lima Kali Berturut-turut! Tanggamus Juara Umum MTQ Ke-48 Lampung
02 Desember 2021
BUPATI TANGGAMUS DEWI HANDAJANI PIMPIN APEL KESIAPSIAGAAN BENCANA
01 Desember 2021
BUPATI TANGGAMUS DEWI HANDAJANI MENGIKUTI TIGA AGENDA RAPAT PARIPURNA DPRD TANGGAMUS
30 November 2021