Selamat Datang di Website Resmi Bappelitbang Tanggamus

Sabtu, 24 Oktober 2020

Informasi Pembangunan

Wisata Air Terjun Way Lalaan Kabupaten Tanggamus Lampung

Selasa, 01 Januari 2019

Lampung banyak tempat wisata yang layak di jadikan destinasi tujuan wisata di pulau sumatera, Salah satunya surga tersembunyi yang bernama Air Terjun Way Lalaan, Air terjun yang berjarak hanya 8 Km dari Kotaagung, ibukota Kabupaten Tanggamus atau 80 Km atau 1,5 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Air Terjun Way Lalaan terletak di kaki Gunung Tanggamus dan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak kurang lebih 200 m. Nama Air terjun ini berasal dalam bahasa Lampung dari kata “Way” yang artinya sungai dan Lalaan yang bermuara ke Teluk Semangka. Tumpahan air terjun ini memiliki ketinggian ± 11 m.

Air terjun yang di kenal sejak Tahun 1937 yaitu pada zaman pemerintahan Belanda yang ditandai telah membuat sebuah tangga yang terbuat dari semen menuju lembah air terjun. Air terjun Way Lalaan saat ini telah dikelola oleh Dinas Pariwisata Tanggamus. Tak heran jika banyak fasilitas yang sudah disediakan di sini.Lokasi Air terjun Way Lalaan ini mempunyai 2 dua air terjun. Warga sekitar memberi nama Air Terjun Way Lalaan 1 yang terletak di atas dan Air Terjun Way Lalaan 2 yang terletak bawah.


Di kawasan ini banyak di jumpai batu-batu besar. Selain itu, air terjun yang mengalir di kolam besar menuju sungai kecil ini bisa digunakan untuk renang, karena tidak terlalu dalam. Banyak pengunjung yang memadati sungai kecil ini karena termasuk aman, selain airnya bersih dan juga menyegarkan. Air sungai ini nantinya akan menuju ke Air terjun Way Lalaan II.

Pihak pengelola air terjun Way Lalaan sudah semaksimal mungkin memberikan pelayanan serta kemananan kepada pengunjung. Semua itu dibuktikan dengan dipasangnya banyak papan pemeberitahuan atau larangan untuk tidak mandi di air terjun Way Lalaan bagi pengunung yang tidak bisa berenang.

Selain berenang pengunjung juga bisa menyusuri kawasan perkebunan durian. Bahkan, saat musim durian tiba, pengunjung bebas makan durian yang tersedia di pohonnya. Ada tim khusus yang akan membantu memetik durian, namun, bagi pengunjung yang ingin mengambil sendiri juga diperbolehkan.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia yaitu shelter, Kamar mandi, mushola dan area parkir yang luas juga tersedia disini. Banyak penjual makanan yang berjualan di sini

Lokasi

Terletak di Desa Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung.

Peta dan Koordinat GPS: 5° 29′ 6.86″ S 104° 41′ 24.90″ E

Aksesbilitas

Berjarak kurang lebih sekitar 8 Km dari Kotaagung, ibukota Kabupaten Tanggamus atau 80 Km (1,5 jam) dari Kota Bandar Lampung. Untuk mencapai air terjun ini dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan berkendaraan roda dua pada kecepatan sedang dari Batu Keramat ke Pekon Way Lalaan. Selanjutnya Anda masuk ± 300 m dari sisi kiri jalan raya lintas Barat Sumatera – Bandar Lampung ke Kota Agung hingga pintu gerbang

No Results
Hari Terakhir Asistensi dan Penajaman Program Pembangunan Pra RKA Tahun 2021
21 Oktober 2020
Komandan Brigade Infanteri (Brigif) 4 Marinir/BS Lampung, Kolonel Mar. Nawawi, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanggamus.
20 Oktober 2020
Sekdakab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis meninjau pelaksanaan Asistensi dan Penajaman Program Pembangunan Pra RKA Tahun 2021 Pemkab Tanggamus Hari Kedua
14 Oktober 2020
Bappelitbang Tanggamus Mengdakan Asistensi Penajaman Program Pembangunan (Asistensi Pra RKA) Tahun Anggaran2021
13 Oktober 2020
Kunjungan Pembelajaran Bappeda Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Tanggamus
12 Oktober 2020