SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BAPPELITBANG TANGGAMUS

Senin, 28 November 2022

Berita Utama

BAPPELITBANG TANGGAMUS BERSAMA IPB UNIVERSITY GELAR PELATIHAN UMKM BERBASIS LINGKUNGAN DI KECAMATAN TALANG PADANG

Kamis, 20 Oktober 2022

Tanggamus – Melalui kegiatan Dosen Pulang Kampung IPB bertema Peningkatan Kapasitas UMKM dalam Manajemen Produksi dan Pemasaran Berbasis Lingkungan, yang sosialisasi kegiatannya telah dilaksanakan pada Kamis 8 September 2022 lalu, maka hari ini Kamis 20 Oktober 2022 telah dilaksanakan lanjutan kegiatan berupa pelatihan dengan materi Manajemen Produksi dan Pemasaran  berbasis Lingkungan di Aula Kecamatan Talang Padang.


Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus, Hendra Wijaya Mega, ST, MT, MM yang menitipkan pesan semangat. Selain itu hadir pula bapak Ivan Rinaldo HR, S. Kom, MM yang menyampaikan informasi bahwa tahun lalu Kabupaten Tanggamus mendapat penghargaan Kabupaten Terinovatif ke-7 dan menjadi momentum yang baik untuk terus meningkatkan level UMKM yang ada khususnya di Kecamatan Talang Padang.

Dari pihak kecamatan kegiatan ini dihadiri oleh Camat Agustam Hamid, SE dan ibu Yunidawati, S.Pd Kasi Kesmas. Tim IPB yang hadir sebagai narasumber pelatihan diketuai oleh Dr. Ir. Ahyar Ismail, M.Agr, dan juga anggota tim Danang Pramudita, SP. MSi serta Tursina Andita Putri, SE, MSi.  

Materi yang disampaikan pada pelatihan ini berupa Manajemen Produksi dan Pemasaran berbasis Lingkungan.

Danang Pramudita dalam materinya menyampaikan, bahwa Manajemen Produksi mengacu pada penerapan prinsip-prinsip manajemen yang berfungsi pada kegiatan produksi secara berkesinambungan melalui integrasi berbagai macam sumberdaya. Untuk itu dibutuhkan strategi manajemen produksi yang berbasis pada penanganan limbah produksi agar tidak mencemari lingkungan.

Tursina Andita Putri dalam materinya menyampaikan bahwa tujuan utama setiap UMKM adalah memaksimumkan keuntungan dalam jangka Panjang. Oleh karena itu dibutuhkan strategi bagaimana memuaskan konsumen.

Ingat katanya : jika tidak ada pelanggan maka tidak akan ada usaha. Sebuah produk tidak mungkin menjadi produk yang dapat diterima oleh semua orang. Agar dapat menghasilkan penjualan yang tinggi dengan biaya rendah, maka harus dapat memprioritaskan kelompok yang menjadi prioritas mereka, lanjutnya.

Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan UMKM dari setiap Pekon yang ada di Kecamatan Talang Padang. Semua peserta antusias mengikuti pelatihan dengan melontarkan berbagai pertanyaan sesuai usaha yang dikelolanya.


Salah satu usulan peserta yang perlu menjadi perhatian pihak kecamatan bahwa peserta menginginkan adanya struktur organisasi UMKM di Kecamatan Talang Padang.

Pelatihan ini dimulai dengan Pre-Test dan diakhiri dengan Post-Test untuk mengukur tingkat penyerapan pengetahuan peserta selama mengikuti pelatihan. 

No Results
Bupati Tanggamus Dewi Handajani, menghadiri Kegiatan Peringatan Hari Guru Nasional
24 November 2022
Ada Pasar Murah Bersubsidi di Tanggamus, Yuk Kunjungi
23 November 2022
Bupati Tanggamus Sampaikan Presentasi Pada Penilaian IGA 2022
21 November 2022
Kabupaten Tanggamus Masuk Nominasi Penghargaan Innovative Government Award Tahun 2022
17 November 2022
Tim Penilai P3KSS dan GSI Provinsi Kunjungi Tanggamus
16 November 2022