SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BAPPELITBANG TANGGAMUS

Kamis, 11 Agustus 2022

Berita Kerjasama

DISDUKCAPIL TANGGAMUS GULIRKAN INOVASI ADMINDUK PASBEN

Sabtu, 30 Juli 2022

TANGGAMUS- Program pelayanan administrasi kependudukan pasca bencana (Pasben) menjadi salah satu inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus.

Sekretaris Disdukcapil Tanggamus Darma Setiawan mengatakan, setiap ada bencana seperti banjir, longsor, kebakaran dan lainnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak pekon dan kecamatan.

Tujuannya mendata berbagai administrasi kependudukan yang hilang akibat musibah tersebut. 

Dalam program Disdukcapil Tanggamus ini, tergabung tim reaksi cepat. Tugasnya mendata apakah ada adminduk yang hilang. Kemudian kita cetak kembali.

Kemudian dilakukan pengecekan di database. Jika memang sudah terdata, maka administrasi kependudukan langsung dicetak ulang. 

”Selanjutnya diserahkan kepada yang bersangkutan,” kata Darma Setiawan mewakili Kepala Disdukcapil Tanggamus Maradona. 

Sebagaimana diketahui, melalui program pelayanan adminduk pasca bencana (Pasben) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanggamus kembali menerbitkan adminduk milik Eldo, warga Pekon Banjar Manis, Kecamatan Gisting yang rumahnya terbakar beberapa waktu lalu. 

Camat Gisting Purwanti mengatakan, adminduk telah diserahkan kepada Eldo. Terdiri dari kartu keluarga (KK), KTP dan akta kelahiran.

Selain adminduk, Pemkab Tanggamus melalui Dinas Sosial juga telah memberikan bantuan alat alat rumah tangga dan sembako . 

”Terkait musibah kebakaran itu, Dinas PUPR rencananya juga akan memberikan bantuan bedah rumah,” kata Purwanti saat itu. 

Adanya inovasi pelayanan adminduk tersebut mendapat respon positif warga Tanggamus. Seperti disampaikan Putri salah seorang warga.

Menurut dia, inovasi pelayanan adminduk Pasben yang digulirkan Disdukcapil merupakan langkah positif dan sangat membantu masyarakat.

Di mana, saat terkena musibah, warga yang bersangkutan tentunya benar-benar dalam posisi sulit. ”Nah, dengan bantuan inovasi pelayanan ini, tanpa susah-susah mereka bisa langsung mendapatkan adminduk kembali,” kata Putri. 

Sebelumnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus akan menerbitkan kembali dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) korban kebakaran di Dusun Lom, Pekon Talangpadang, Kecamatan Talangpadang. 

Kepala Disdukcapil Tanggamus Maradona menyampaikan, pasca kebakaran Jumat 21 Januari 2022, pihaknya langsung mendatangi lokasi kejadian untuk mendata dokumen adminduk yang ikut terbakar. 

"Dokumen adminduk yang terbakar sudah kita cetak kembali. Besok pagi (Selasa, 25 Januari 2022) Kepala UPT Disdukcapil Talangpadang akan menyerahkan kepada keluarga korban kebakaran," kata Maradona.

Maradona menuturkan, adminduk yang ikut terbakar adalah kartu identitas anak (KIA) atas nama Bagus Hadi Kurniawan. 

Kemudian kartu keluarga (KK) atas nama Nana dan Muhdi Ardiansyah.

Selanjutnya akta kelahiran Dwi Kayla Maharani, Bagus Hadi Kurniawan, Fiki Ramadani Hidayatullah dan Bagus Saputra.



No Results
BUPATI DEWI HANDAJANI SAMBUT KEPULANGAN JEMAAH HAJI
03 Agustus 2022
Bappelitbang dengan TKPKD Susun Strategi Program Tahun 2023
02 Agustus 2022
DISBUNNAK TANGGAMUS MULAI VAKSINASI PMK BOOSTER HEWAN TERNAK
01 Agustus 2022
DISDUKCAPIL TANGGAMUS GULIRKAN INOVASI ADMINDUK PASBEN
30 Juli 2022
BUPATI TANGGAMUS DEWI HANDAJANI RESMIKAN PASAR TALANG PADANG
27 Juli 2022