SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BAPPELITBANG TANGGAMUS

Senin, 28 November 2022

Berita Kerjasama

Tim BPBD Tanggamus Assessment Bencana Banjir dan Longsor di Kecamatan Kelumbayan

Rabu, 05 Oktober 2022

Tanggamus - Tim BPBD Tanggamus melakukan assessment terhadap bencana banjir dan longsor yang melanda wilayah Kecamatan Kelumbayan, pada Selasa 4 Oktober 2022. 

Camat Kelumbayan Derius Putrawan mengatakan, assessment dilakukan Budiman, pejabat fungsional Penata Penanggulangan Bencana mewakili Kepala BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha. 

Turut mendampingi dalam assessment tersebut, Camat Kelumbayan Derius Putrawan, Ketua Apdesi Kelumbayan Zulkarnaen, Tagana Kecamatan Kelumbayan serta jajaran pejabat Kecamatan Kelumbayan. 

Saat itu Budiman menyampaikan, assessment dilakukan untuk mengidentifikasi dampak bencana, "Selanjutnya hasil assessment akan menjadi bahan laporan ke pimpinan, serta menentukan mana yang menjadi prioritas, untuk bahan tindak lanjutnya," jelas Budiman.

Sementara Camat Kelumbayan Derius Putrawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penanganan bencana di Kelumbayan. 

Dirinya berharap tindak lanjut bencana dapat segera dilaksanaka. Khususnya terhadap kondisi prasarana jalan yang rusak, sehingga tidak mengganggu transportasi masyarakat. 

"Kita juga berdoa, semoga bencana tidak lagi terjadi di wilayah Kecamatan Kelumbayan, dan Kabupaten Tanggamus pada umumnya

Diketahui, banjir dan longsor terjadi di Kecamatan Kelumbayan pada Selasa 4 Oktober 2022. 

Beberapa titik bencana yaitu, banjir di Pekon Paku dan Penyandingan. 

”Banjir di Pekon Paku menggenangi wilayah pemukiman warga dan fasilitas umum, dengan ketinggian genangan mencapai 50 cm,” terang Camat Kelumbayan Derius Putrawan. 

Demikian juga di Pekon Penyandingan yang berada di wilayah pesisir. Ketinggian genangan air mencapai 30 cm. Namun pada pagi hari, air telah surut dan warga mulai membersihkan kotoran serta sisa genangan.    Sementara longsor terjadi di sisi tebing Perumahan Korban Tsunami di Pekon Kiluan Negeri. 

Kondisi longsor ini dikhawatirkan akan berlanjut jika kembali terjadi hujan yang lebat dan lama. Sehingga dikhawatirkan menutupi jalan, bahkan mengenai rumah warga. 

Sebab, posisi tebing yang berada persis di samping perumahan warga. Saat ini warga telah secara swadaya membuat drainase sementara, agar aliran air tidak terlalu menggerus tebing. 

Namun karena material longsoran yang banyak, diperlukan penanganan dengan alat berat untuk menanganinya.

Selain itu, longsor di sejumlah tebing di sisi jalan menuju Pekon Umbar. Ada empat titik yang tertutup dan satu tiang listrik rubuh. 

Terkait hal ini, pengusaha tambak setempat diminta membantu menangani longsor dengan mengarahkan eksavator ke lokasi.    

Longsor juga terjadi di sejumlah tebing dan badan jalan  ruas Umbar-Paku. Jalur tersebut tertutup pada beberapa titik. 

Kondisi rawan terjadi, karena longsor di bawah badan jalan. Ini menyebabkan badan jalan yang terbuat dari beton sebagian menggantung dengan panjang sekitar 20 meter. 

Atas kondisi itu, warga telah bergotong royong menormalisasi jalan seadanya, sehingga bisa dilalui. 

Namun pada titik yang longsor di bawah badan jalan, warga di iimbau untuk hati-hati. Sebab masih banyak material tanah dan kerikil, serta kondisi tanah yang labil. 

Bencana lain, naiknya muka air sungai pada akses jalan menuju Dusun Puji Rahayu, Teba, Salong dan Lebung, Pekon Penyandingan. 

Lokasi sungai ini berada di Pekon Sidoharjo, Kecamatan Kelumbayan Barat. Namun menjadi satu-satunya akses jalan menuju empat dusun di Pekon Penyandingan. Dengan kondisi ini, maka akses jalan yang tadinya dapat dilalui oleh kendaraan, saat ini terhambat.

Bahkan untuk sepeda motor harus ditandu oleh beberapa orang untuk melewatinya. Warga mulai kesulitan untuk melalui sungai tersebut. 

”Adapun harapan warga agar pemerintah dapat menurunkan eskavator untuk melakukan normalisasi sungai tersebut dan membentuk jalur sungai yang dangkal agar mudah dilalui masyarakat,” terang camat.


No Results
Bupati Tanggamus Dewi Handajani, menghadiri Kegiatan Peringatan Hari Guru Nasional
24 November 2022
Ada Pasar Murah Bersubsidi di Tanggamus, Yuk Kunjungi
23 November 2022
Bupati Tanggamus Sampaikan Presentasi Pada Penilaian IGA 2022
21 November 2022
Kabupaten Tanggamus Masuk Nominasi Penghargaan Innovative Government Award Tahun 2022
17 November 2022
Tim Penilai P3KSS dan GSI Provinsi Kunjungi Tanggamus
16 November 2022